ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN YANG MENGGUNAKAN KARTU BPJS DAN NON BPJS DI RUMAH SAKIT ISLAM FATIMAH CILACAP

ARUM, SUKMANINGRUM SEKAR (2017) ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN YANG MENGGUNAKAN KARTU BPJS DAN NON BPJS DI RUMAH SAKIT ISLAM FATIMAH CILACAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SUKMANINGRUM SEKAR ARUM_MANAJEMEN'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SUKMANINGRUM SEKAR ARUM_MANAJEMEN'17.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SUKMANINGRUM SEKAR ARUM_MANAJEMEN'17.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SUKMANINGRUM SEKAR ARUM_MANAJEMEN'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
BAB IV_SUKMANINGRUM SEKAR ARUM_MANAJEMEN'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_SUKMANINGRUM SEKAR ARUM_MANAJEMEN'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SUKMANINGRUM SEKAR ARUM_MANAJEMEN'17.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SUKMANINGRUM SEKAR ARUM_MANAJEMEN'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan, indikator kualitas pelayanan yang masuk sebagai yang diprioritaskan, indikator kualitas pelayanan yang masuk sebagai yang dipertahankan, dan perbedaan kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 60 pasien BPJS dan 60 pasien Non BPJS di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner harapan pelayanan sebanyak 19 item dan kuesioner kinerja pelayanan sebanyak 19 item. Analisis yang dilakukan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan independent sample ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan dengan perhitungan nilai IKM sebesar 93,85 pada pasien BPJS dan nilai IKM sebesar 97,15 pada pasien Non BPJS yang termasuk dalam interval sangat baik. Indikator yang diprioritaskan di RSI Fatimah Cilacap pada pasien BPJS yaitu terdiri dari Jadwal pelayanan rumah sakit dijalankan dengan tepat (visit/kunjungan dokter, perawatan, istirahat); Kemampuan dokter dan perawat untuk cepat tanggap menyelesaikan keluhan pasien; Jaminan keamanan pelayanan dan kepercayaan terhadap pelayanan; Tindakan cepat pada saat pasien membutuhkan. Indikator yang diprioritaskan di RSI Fatimah Cilacap pada pasien Non BPJS yaitu terdiri dari Kelengkapan, kesiapan, dan kebersihan alat-alat yang dipakai; Kerapihan dan kebersihan penampilan petugas. Indikator yang dipertahankan di RSI Fatimah Cilacap pada pasien BPJS yaitu terdiri dari Prosedur Penerimaan pasien yang cepat dan tepat; Pengetahuan dan kemampuan para dokter menetapkan diagnosis penyakit; Kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan ruangan; Memberikan perhatian secara khusus kepada setiap pasien; Kemampuan dokter dan perawat untuk cepat tanggap menyelesaikan keluhan pasien. Indikator yang dipertahankan di RSI Fatimah Cilacap pada pasien Non BPJS yaitu terdiri dari Prosedur Penerimaan pasien yang cepat dan tepat; Pengetahuan dan kemampuan para dokter menetapkan diagnosis penyakit; Ketrampilan para dokter, perawat dan petugas lainnya dalam bekerja; Kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan ruangan; Memberikan perhatian secara khusus kepada setiap pasien; Kemampuan dokter dan perawat untuk cepat tanggap menyelesaikan keluhan pasien. Berdasarkan hasil uji beda independent sample t-test ditunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kepuasan pasien rawat jalan antara pasien BPJS dan Non BPJS di RSI Fatimah Cilacap.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Herni Justiana Astuti, M.Si, Ph.d
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, Importance Performance Analysis (IPA)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Apr 2017 07:23
Last Modified: 13 Apr 2017 07:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item