i i PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS VIII D MTs MUHAMMADIYAH 03 BANDINGAN

Lutviana Suryaningtyas, Eva (2015) i i PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS VIII D MTs MUHAMMADIYAH 03 BANDINGAN. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
EVA LUTVIANA SURYANINGTYAS, COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EVA LUTVIANA SURYANINGTYAS, BAB I pdf.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EVA LUTVIANA SURYANINGTYAS, BAB II.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text
EVA LUTVIANA SURYANINGTYAS, BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
EVA LUTVIANA SURYANINGTYAS, BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
EVA LUTVIANA SURYANINGTYAS, BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img]
Preview
Text
EVA LUTVIANA SURYANINGTYAS, DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
EVA LUTVIANA SURYANINGTYAS, LAMPIRAN pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika siswa melalui pembelajaran Reciprocal Teaching . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan yaitu dua kali pertemuan untuk pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk tes evaluasi. Data kemandirian belajar siswa diperoleh menggunakan observasi dan angket kemandirian belajar, sedangkan pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dengan menggunakan tes evaluasi pemahaman konsep matematika. Berdasarkan hasil observasi dan angket kemandirian belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase rata -rata sebesar ; pada siklus II diperoleh persentase rata -rata sebesar ; dan pada siklus III diperoleh persentase rata -rata sebesar . Hasil tes evaluasi pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I diperoleh nilai rata -rata sebesar ; siklus II diperoleh nilai rata -rata sebesar ; dan pada siklus III diperoleh nilai rata -rata sebesar . Disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, pemahaman konsep, Reciprocal Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 21 Apr 2017 07:03
Last Modified: 21 Apr 2017 07:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item