PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SD

NINGRUM, FITRIA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SD. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER - FITRIANINGRUM.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - FITRIANINGRUM.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - FITRIANINGRUM.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
BAB III - FITRIANINGRUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV - FITRIANINGRUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V - FITRIANINGRUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - FITRIANINGRUM.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
FITRIA NINGRUM_1101100153_LAMPIRAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (159MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) penggunaan media pembelajaran matematika materi sifat- sifat kesebangunan dan simetri di kelas V SD N 1 Rajawana; 2) pengembangan media pembelajaran matematika materi sifat-sifat kesebangunan dan simetri menggunakan pendekatan saintifik di kelas V SD; 3) penilaian guru terhadap pengembangan media pembelajaran matematika materi sifat-sifat kesebangunan dan simetri menggunakan pendekatan sain tifikdi kelas V SD; 4) respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran matematika materi sifat-sifat kesebangunan dan simetri menggunakan pendekatan saintifik di kelas V SD; dan 5) keefektifan penggunaan media pembelajaran matematika materi sifat-sifat kesebangunan dan simetri menggunakan pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar siswa di kelas V SD. Penggunaan media pembelajaran matematika terbatas dan belum menciptakan keaktifan siswa. Pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan oleh Susilana dan Riyana. Media pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli berada pada kriteria valid dengan rata-rata 4,18. Penilaian guru berada pada kriteria sangat baik dengan perolehan rata-rata total skor penilaian sebesar 4,4. Respon siswa berada pada kriteria sangat baik dengan rata-rata respon siswa sebesar 4,25. Keefektifan media pembelajaran diketahui melalui desain eksperimen True Experimental Design Pretest-Posttest Control Design dan diperoleh ݐ ௛௜௧௨௡௚ ݐ൒ ௧௔௕௘௟ (8,41 ൒ 1,671) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya keefektifan penggunaan media pembelajaran matematika materi sifat-sifat kesebangunan dan simetri menggunakan pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar siswa di kelas V SD. Jadi, media pembelajaran matematika mate ri sifat-sifat kesebangunan dan simetri menggunakan pendekatan saintifik di kelas V SD dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Matematika, Pendekatan Saintifik, dan Model pengembangan media pembelajaran menurut Susilana dan Riyana.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 09 Nov 2016 01:39
Last Modified: 09 Nov 2016 01:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item