PELAKSANAAN PELAYANAN KEFARMASIAN DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK KABUPATEN BANJARNEGARA

NUR FITRIANI, EKA (2015) PELAKSANAAN PELAYANAN KEFARMASIAN DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK KABUPATEN BANJARNEGARA. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
EKA NUR VITRIANI, CDOVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EKA NUR VITRIANI, BAB I.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EKA NUR VITRIANI, BAB II.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
EKA NUR VITRIANI, BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
EKA NUR VITRIANI, BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
EKA NUR VITRIANI, BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
EKA NUR VITRIANI, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Peraturan pemerintah nomor 25 tahun 1980 menyatakan bahwa setiap hari seorang apoteker harus berada di apotek untuk melayani masyarakat dan bertanggung jawab atas semua kegiatan menejemen dan kefarmasian yang diselenggarakan di apotek. Pihak manajemen apotek dapat meningkatkan pelayanan berdasarkan harapan dan keinginan dari konsumen. Oleh karena itu kepuasan konsumen juga merupakan indikator untuk mengevaluasi mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan kefarmasian yang dilakukan oleh apoteker di apotek Kabupaten Banjarnegara, untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan kefarmasian di apotek . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kategorik dan menggunakan rancangan secara observasional yang dilakukan dengan metode survei. Penelitian dilakuk an pada 6 apotek di Kabupaten Banjarnegara dengan menggunakan teknik stratified sampling dan untuk konsumen apotek menggunakan teknik a ccidental sampling kepada 400 responden pada bulan juni -oktober 2009. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui survei yaitu dengan penyebaran kuisioner . Analisis data dilakukan secara univariat. Tingkat kepuasan konsumen dihitung dengan melakukan perhitungan membagi rerata skor kenyataan dengan rerata skor harapan pelayanan kefarmasian d i apo tek menurut persepsi konsumen dari kelima dimensi kualitas pelayanan . Hasil penelitian menunjukan profil pelayanan kefarmasian di apotek di Kabupaten Banjarnegara sudah cukup baik, hal ini ditunjukan dengan kehadiran apoteker setiap hari di apotek, apoteker juga terlibat langsung dalam pengelolaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan serta terlibat aktif dalam pelayanan kefarmasian di apotek. Dari 400 responden, sebanyak 96,25% (385 responden) menyatakan sangat puas, 3,75% (15 responden) menyatakan puas. Pelayanan kefarmasian yang dilakukan oleh apoteker di Kabupaten Banjarnegara sudah cukup baik, pasien merasa sangat puas dengan pelayanan ke farmasian yang berikan oleh apoteker.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan kefarmasian, kepuasan konsumen apotek
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 21 Apr 2017 07:06
Last Modified: 21 Apr 2017 07:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item