MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MEME DI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN 201 6/2017

FITRIANI, HERLIN NUR (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MEME DI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN 201 6/2017. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HERLIN NUR FITRIANI - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HERLIN NUR FITRIANI - BAB I.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HERLIN NUR FITRIANI - BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HERLIN NUR FITRIANI - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
HERLIN NUR FITRIANI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text
HERLIN NUR FITRIANI - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
HERLIN NUR FITRIANI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
HERLIN NUR FITRIANI - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “ Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajara MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MEME DI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN 2016/2017” menulis teks anekdot dengan media gambar meme pada siswa kelas X SMAN BANYUMAS dan peningkatan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X IPS yang berjumlah 36. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan te knik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis teks anekdot dengan media gambar meme pada siswa kelas X SMAN Banyumas dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Selanjutnya, peningkatan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMAN Banyumas tahun pelajaran 2016/2017 terjadi setelah memperoleh pembelajaran menulis teks anekdot dengan media gambar meme Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II Nilai rata-rata pre tes ke post test 1 pada sklus I mengalami peningkatan rata-rata dari 77,6 menjad i 81. Nilai rata- rata siklus ke I ke siklis ke 2 juga mengalami peningkatan, yakni 81 menjadi 83. Ketuntasan belajar mengalami peningkatan. Rata-Rata menulis teks anekdot menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media meme mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pre tes ke post test 1 pada sklus I mengalami peningkatan rata-rata dari 77,6 menjadi 81. Nilai rata- rata siklus ke I ke siklis ke 2 juga mengalami peningkatan, yakni 81 menjadi 83. Ketuntasan belajar mengalami peningkatan. Rata-Rata menulis teks anekdot menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media meme mengalami peningkatan. Jika pada pre test presentase ketuntasan sebanyak 63%, pada siklus I meningkat menjadi 83% dan pada siklus II 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 1. Dra. Isnaeni Praptani, M.Pd 2.Dr. H. Kuntoro ,M.Hum
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis teks anekdot, media gambar meme
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Pascasarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 13 Apr 2017 01:20
Last Modified: 15 Apr 2017 00:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item View Item