PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS CERPEN (Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMK Cendikia Tasikmalaya Tahun Ajaran 2014/2015)

GINANJAR, AGI AHMAD (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS CERPEN (Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMK Cendikia Tasikmalaya Tahun Ajaran 2014/2015). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Agi Ahmad G..pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Agi Ahmad G..pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Agi Ahmad G..pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Agi Ahmad G..pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
BAB IV_Agi Ahmad G..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_Agi Ahmad G..pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Agi Ahmad G..pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Agi Ahmad G..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap sikap tanggung jawab dan kemampuan menganalisis teks cerpen pada siswa kelas XI SMK Cendikia Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain penelitian pre-and posttest design dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data sikap tanggung jawab dikumpulkan dengan teknik angket dan pengamatan sedangkan data kemampuan menganalisis teks cerpen dikumpulkan dengan teknik tes. Selanjutnya data tersebut dianalisis statsitik menggunakan uji beda dua rata-rata dengan teknik uji t independen samples test. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap tanggung jawab siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode discovey learning dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional dengan perolehan nilai t-hitung sebesar 6,189 dan nilai Sign. 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan metode discovery learning berpengaruh positif terhadap sikap tanggung jawab siswa, 2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menganalisis teks cerpen antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode discovey learning dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional dengan perolehan nilai t-hitung sebesar 13,504 dan nilai Sign. 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa metode discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan menganalisis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Suwartono, M.Hum. dan Prof. Dr. H. Dedi Heryadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Tanggung Jawab, Teks Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 07 Nov 2016 06:02
Last Modified: 07 Nov 2016 06:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item