PERBANDINGAN POLA KEMAMPUAN BERPIKIR KONSEP SISWA SMA N 1 PADAMARA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

MUFLIAH, . (2017) PERBANDINGAN POLA KEMAMPUAN BERPIKIR KONSEP SISWA SMA N 1 PADAMARA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MUFLIAH COVER.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUFLIAH BAB I.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUFLIAH BAB II.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
MUFLIAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
MUFLIAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
MUFLIAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img]
Preview
Text
MUFLIAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
MUFLIAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola kemampuan berpikir konsep siswa antara pembelajaran berbasis bioentrepreneurship dengan pembelajaran berbasis masalah terhadap materi pencemaran lingkungan. Perlakuan pembelajaran yang dilakukan terhadap kemampuan berpikir konsep siswa SMA kelas X yaitu pembelajaran berbasis bioentrepreneurship dan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah postest control group design. Sebagai perlakuan pertama digunakan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship (kelas eksperimen), perlakuan kedua pada kelas kontrol dilakukan perlakuan pembelajaran berbasis masalah. Hasil yang diperoleh baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol pada kegiatan pertama menunjukkan kemampuan berpikir konsep tertinggi terdapat pada konsep atribut. Hasil yang diperoleh baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol pada kegiatan kedua menunjukkan kemampuan berpikir konsep tertinggi terdapat pada konsep keinklusifan. Berdasarkan hasil analisis uji t baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol terjadi peningkatan kemampuan berpikir konsep. Peningkatan kemampuan berpikir konsep siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 34%, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 23,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan tertinggi terjadi pada kelas eksperimen dengan selisih 10,2%. Perbedaan peningkatan kemampan berpikir terjadi karena pembelajaran bioentrepreneurship yang terjadi secara real dan pembelajaran berbasis masalah yang terjadi secara abstrak. Dari hasil analisis hierarchial clustering didapatkan berbagai pola berpikir konsep siswa baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Pola berpikir konsep ini menunjukkan urutan berpikir konsep siswa yang berbeda selama pembelajaran. Perbedaan ini disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi cara berpikir konsep siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tumisem, S.Pd., M.Si. dan Drs. Arief Husin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bioentrepreneurship, berpikir konsep, pendekatan saintifik, pola kemampuan berpikir konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:15
Last Modified: 10 Apr 2017 05:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item