UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA M ATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN L INGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN GALLERY WALK (G ALERI BELAJAR ) DI KELAS V SD N EGERI 1 T AMANSARI

FIFI, HANDIYANI (2017) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA M ATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN L INGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN GALLERY WALK (G ALERI BELAJAR ) DI KELAS V SD N EGERI 1 T AMANSARI. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FIFI HANDAYANI - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIFI HANDAYANI - BAB I.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIFI HANDAYANI - BAB II.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text
FIFI HANDAYANI - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
FIFI HANDAYANI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
FIFI HANDAYANI - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img]
Preview
Text
FIFI HANDAYANI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
FIFI HANDAYANI - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 1 Tamansari ini dilakukan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungan melalui pembelajaran Gallery Walk (Galeri Belajar). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tamansari yang berjumlah 34 siswa, penel itian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing -masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket tanggung jawab, lembar evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan di kelas V SD Negeri 1 Tamansari, diperoleh hasil bahwa penerapan pembelajaran Gallery Walk (Galeri Belajar) dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa. Tanggung jawab pada siklus I diperoleh skor rata -rata 3,537 dengan presentase ketuntasan 61,76% (baik) dan pada siklus II diperoleh skor rata -rata 3,984 dengan presentase ketuntasan 85,29% (sangat bai k). Perolehan rata -rata skor prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungan pada siklus I sebesar 66,76 dengan presentase ketuntasan 70,5% (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 78,67 dengan presentas e 85,29% (baik sekali). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 1 Tamansari yang menggunakan pembelajaran Gallery Walk (Galeri Belajar) dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA materi penyesuaian makh luk hidup dengan lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 1. Drs . Karma Iswasta Eka, M. S 2. Dhi Bramasta, S.Si., M. Pd
Uncontrolled Keywords: anggung Jawab, Prestasi Belajar Siswa, IPA, Pembelajaran Gallery Walk (Galeri Belajar)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 10 Apr 2017 01:15
Last Modified: 10 Apr 2017 01:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item