PENINGKATAN KECAKAPAN KEWARGANEGARAAN(CIVIC SKILL) SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING KOMPETENSI DASAR HAKEKAT KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VII D SMP N 2 RAKIT SEMESTER GENAP TAHUN 2015/2016

PANGESTUTI, GURUH SUSI (2017) PENINGKATAN KECAKAPAN KEWARGANEGARAAN(CIVIC SKILL) SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING KOMPETENSI DASAR HAKEKAT KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VII D SMP N 2 RAKIT SEMESTER GENAP TAHUN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_GURUH SUSI PANGESTUTI_PPKn'17.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_GURUH SUSI PANGESTUTI_PPKn'17.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_GURUH SUSI PANGESTUTI_PPKn'17.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
BAB III_GURUH SUSI PANGESTUTI_PPKn'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_GURUH SUSI PANGESTUTI_PPKn'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
BAB V_GURUH SUSI PANGESTUTI_PPKn'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_GURUH SUSI PANGESTUTI_PPKn'17.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_GURUH SUSI PANGESTUTI_PPKn'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi masih kurangnya perhatian terhadap kecakapan kewarganegaraan (civic skill) siswa didalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan kewarganegaraan (civic skill) siswa pada materi hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan menggunakan metode problem solving pada siswa SMP N 2 Rakit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP N 2 Rakit yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan umum dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kecakapan kewarganegaraan (civic skil) siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,65%. Adapun kesimpulan khusus dari penelitian ini terdapat peningkatan kecakapan intelektual (intelectual skill) siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 24,91%, terdapat pula peningkatan kecakapan partisipasi (partisipatory skill) siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,37%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M., dan Efi Miftah Faridli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem solving, Kecakapan Kewarganegaraan (civic skill)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 10 Apr 2017 00:56
Last Modified: 10 Apr 2017 00:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item