UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR WAYANG DI KELAS V SD NEGERI 2 BAJONG

ASMOROJATI, RAHMALIA DWI (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR WAYANG DI KELAS V SD NEGERI 2 BAJONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RAHMALIA DWI ASMOROJATI COVER.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHMALIA DWI ASMOROJATI BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHMALIA DWI ASMOROJATI BAB II.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
RAHMALIA DWI ASMOROJATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
RAHMALIA DWI ASMOROJATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RAHMALIA DWI ASMOROJATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
RAHMALIA DWI ASMOROJATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
RAHMALIA DWI ASMOROJATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan bidang studi yang mempelajari dan menelaah serta menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat. Mata pelajaran IPS mengajarkan siswa belajar berkomunikasi, bekerjasama dan berinteraksi dengan orang lain dan memberi bekal kepada siswa mempersiapkan diri menjadi warga masyarakat serta peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.. Oleh karena itu pendidikan IPS sangat diperlukan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Prestasi belajar IPS di SD Negeri 2 Bajong dalam pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi menghargai perjuangan tokoh Pahlawan dalam Mempertahankan Kemerdekaan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media miniature wayang di kelas V SD Negeri 2 Bajong. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Bajong yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengambilan data menggunakan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPS, yaitu hasil evaluasi pada siklus I dengan nilai rata-rata 65,2 dengan ketuntasan belajar 62,5 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 78,3% dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 87,5%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd. dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Learning tipe STAD, Prestasi Belajar IPS, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 08 Apr 2017 01:44
Last Modified: 08 Apr 2017 01:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item View Item