PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV A SD NEGERI PANGEBATAN

SENIATUN, . (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV A SD NEGERI PANGEBATAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SENIATUN COVER.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SENIATUN BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SENIATUN BAB II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text
SENIATUN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
SENIATUN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SENIATUN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img]
Preview
Text
SENIATUN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text
SENIATUN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Pangebatan yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes atau evaluasi, lembar angket tanggung jawab siswa, serta lembar observasi untuk aktivitas siswa dan aktivitas guru, analisis datanya secara deskriptif kualitati dipersentasekan. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu yaitu 6,5 dan ketuntasan secara klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai ratarata tes atau evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I pertemuan I yaitu 68,12 dan kentuntasan secara klasikal 70% dan rata-rata siklus I pertemuan II yaitu 70,5 dan ketuntasan secara klasikal adalah 72,5%. Jadi nilai rata-rata siklus I yaitu 69,79 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 72,5%, sedangkan pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata yaitu 75 dan ketuntasan secara klasikal 87,5% dan siklus II pertemuan II nilai rata-rata yaitu 81 dan ketuntasan klasikal 90%. Jadi nilai rata-rata siklus II yaitu 80,25 dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,5%. Hasil penilaian tanggung jawab siswa melaui sikap tanggung jawab dapat diketahui skor rata-rata siklus I mencapai 3,89. Sedangkan skor ratarata pada siklus II mencapai 4,38.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM. M,Pd. dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn.,M.A.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Tanggung Jawab, Pembelajaran TGT, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 08 Apr 2017 01:29
Last Modified: 10 Apr 2017 00:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item