UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA KELAS IV SD NEGERI 4 GUMELAR

PUSPO, WAHYU TRI SARI (2016) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA KELAS IV SD NEGERI 4 GUMELAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_WAHYU TRI SARI PUSPO_PGSD'16.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_WAHYU TRI SARI PUSPO_PGSD'16.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_WAHYU TRI SARI PUSPO_PGSD'16.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
BAB III_WAHYU TRI SARI PUSPO_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
BAB IV_WAHYU TRI SARI PUSPO_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_WAHYU TRI SARI PUSPO_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_WAHYU TRI SARI PUSPO_PGSD'16.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_WAHYU TRI SARI PUSPO_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dan prestasi belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Tutor Sebaya di kelas IV SD Negeri 4 Gumelar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan pada tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, pada tiap pertemuan selalu ada perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Gumelar yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah menggunakan tes, angket percaya diri dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Tutor Sebaya dapat meningkatkan percaya diri siswa dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, yaitu percaya diri siswa mengalami peningkatan dari 2,80 dengan kategori percaya diri baik pada siklus I dapat meningkat menjadi 3,35 kategori sangat baik pada siklus II, dan peningkatan prestasi belajar dari 9 siswa yang tuntas pada siklus I dapat meningkat menjadi 13 siswa yang tuntas di siklus II. Terjadi peningkatan sebanyak 4 siswa dari siklus I ke siklus II, sehingga peningkatan dari 56,25% pada siklus I meningkat menjadi 81,25% pada siklus II, atau terjadi peningkatan sebesar 25% dari siklus I ke siklus II. Model pembelajaraan kooperatif tipe tutor sebaya dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di SD Negeri 4 Gumelar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo M.M M.Pd, dan Lia Mareza, M.A.
Uncontrolled Keywords: Matematika, Percaya Diri, Prestasi Belajar, Tutor Sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Apr 2017 00:48
Last Modified: 08 Apr 2017 00:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item