DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITINJAU DARI GENDER

CENDEKIAWATY, TIARA (2016) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA DITINJAU DARI GENDER. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_TIARA CENDEKIAWATY_MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_TIARA CENDEKIAWATY_MATEMATIKA'16.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TIARA CENDEKIAWATY_MATEMATIKA'16.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
BAB III_TIARA CENDEKIAWATY_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
BAB IV_TIARA CENDEKIAWATY_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V_TIARA CENDEKIAWATY_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_TIARA CENDEKIAWATY_MATEMATIKA'16.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_TIARA CENDEKIAWATY_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gender. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan diambil masing-masing 3 responden laki-laki dan perempuan untuk wawancara. Pengambilan subyek dan responden menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh bahwa secara umum siswa laki-laki dan perempuan sudah mampu berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal matematika. Dikatakan sudah mampu berpikir reflektif karena sebagian besar siswa laki-laki dan perempuan sudah melewati fase-fase berpikir reflektif yaitu fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating. Siswa laki-laki dan perempuan memiliki kesamaan dalam menyelesaikan soal yaitu memahami informasi yang ada pada soal sehingga dapat menentukan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dan mengaitkan soal yang disajikan dengan soal yang pernah dikerjakan yang memiliki kesamaan sehingga dapat membuat strategi yang tepat dalam menyelesaikan soal. Selain memiliki kesamaan, siswa laki-laki dan perempuan juga memiliki perbedaan yaitu siswa lakilaki lebih dominan dalam kecepatan dan kreativitas menyelesaikan soal, sedangkan siswa perempuan lebih dominan dalam berpikir kritis dan ketelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Jazuli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Reflektif, Gender, SMP Istiqomah Sambas Purbalingga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Apr 2017 00:12
Last Modified: 08 Apr 2017 00:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item