UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION MENGGUNAKAN MEDIA MAKET PADA KELAS IV SD N 2 BOJONG

CHASAN, FAHMI MIFTAKHUL (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION MENGGUNAKAN MEDIA MAKET PADA KELAS IV SD N 2 BOJONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fahmi MC COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fahmi MC BAB I.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fahmi MC BAB II.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text
Fahmi MC BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
Fahmi MC BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Fahmi MC BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
Fahmi MC DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
Fahmi MC LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran menggunakan model Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) digunakan untuk melatih pemahaman dan keterampilan siswa terhadap suatu konsep ilmu pengetahuan. Pembelajaran ini berisi kegiatan latihan soal dan diskusi kelompok. Penelitian di SD Negeri 2 Bojong bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam materi energi alternatif melalui model pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) menggunakan media maket energi alternatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Bojong sebanyak 24 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar tes evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh hasil bahwa penerapan model Kooperatif tipe TAI menggunakan media maket energi alternatif dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada siklus I diperoleh nilai aktivitas dengan skor kriteria 2,46 dan pada siklus II diperoleh skor kriteria 3,1. Peningkatan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam, materi energi alternatif ditunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 61,45 dengan ketuntasan belajar 65,21% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 77,083 dengan ketuntasan belajar 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) menggunakan media maket energi alternatif dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam materi energi alternatif di kelas IV SD Negeri 2 Bojong.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Model Kooperatif tipe TAI, Media Maket
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:24
Last Modified: 07 Apr 2017 03:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item View Item