METODE PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK UMP PEMBINA KECAMATAN KEMBARAN BANYUMAS) TAHUN PELAJARAN 2013/2014

UTAMI, ARY (2014) METODE PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK UMP PEMBINA KECAMATAN KEMBARAN BANYUMAS) TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL-Ary Utami.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Ary Utami.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Ary Utami.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Ary Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV_Ary Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB V_Ary Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Ary Utami.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode apa saja yang diterapkan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral di TK UMP Pembina Kecamatan Kembaran Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014 . Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan mengenai metode penanaman nilai-nilai agama dan moral dengan penerapan subjek penelitian kepala sekolah, dan para guru di TK UMP Pembina dengan jumlah 9 guru. Metode pengumpulan data observasi, dokumentasi ,wawancara. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode deduktif induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penanaman nilai-nilai agama dan moral yang digunakan adalah sebagai berikut: bercerita/penokohan,tanya jawab, sosiodrama, karyawisata, bercakap-cakap, penugasan (pemberian tugas) serta pembiasaan. Dari beberapa metode yang digunakan tersebut yang paling sering digunakan di TK UMP Pembina adalah bercerita, tanya jawab dan pembiasaan. Metode penanaman nilai-nilai agama dan moral tersebut ternyata dapat berpengaruh terhadap perubahan perilaku anak, dari yang tidak baik menjadi baik. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan metode penanaman nilai-nilai agama dan moral tersebut meliputi: kurangnya pengetahuan atau teknik dalam bercerita dan kurangnya media yang digunakan dalam bercerita, sering terjadi inkonsistensi (penjelasan yang berbeda-beda/ ketidaksesuaian) antara apa yang dilakukan oleh guru di sekolah dengan apa yang dilakukan di lingkungan sekitar tempat ia tinggal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Zakiyah, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Metode Penanaman Nilai Moral, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 07 Nov 2016 02:55
Last Modified: 07 Nov 2016 04:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item