UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA FLIP CHART DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

ARTINI, RAHAYU IKA (2016) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA FLIP CHART DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rahayu Ika Artini COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rahayu Ika Artini BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rahayu Ika Artini BAB II.pdf

Download (775kB) | Preview
[img] Text
Rahayu Ika Artini BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
Rahayu Ika Artini BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Rahayu Ika Artini BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
Rahayu Ika Artini DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
Rahayu Ika Artini LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Klapasawit.Penelitian ini bertujuan meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Klapasawit Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi pengaruh globalisasi di lingkungannya melalui penerapan model group investigation dengan menggunakan media flip chart. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Klapasawit dengan jumlah seluruh siswa 22 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan tidakan dilakukan 2 siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi. Angket sikap tanggung jawab siswa dilaksanakan setiap akhir siklus. Wawancara dilakukan sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan tanggung jawab pada siklus I sebesar 2,75 dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 3,38. Pada siklus I hasil prestasi belajar siswa diperoleh ketuntasan belajar mencapai 72,72% dengan nilai rata-rata 74,18 dan meningkat pada siklus II mencapai 86,36% dengan nilai rata-rata 76,72. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Group Investigation dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi di Lingkungannya dengan menggunakan media Flip Chart di kelas IV SD Negeri 1 Klapasawit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Sri Muryaningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, prestasi belajar, PKn, model group investigation, media flip chart
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 06 Apr 2017 06:42
Last Modified: 06 Apr 2017 06:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1354

Actions (login required)

View Item View Item