UPAYA MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGALIKAN DAN MEMBAGI BERBAGAI BENTUK PECAHAN MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DI KELAS V SEKOLAH DASAR

SARI, MEILA NOVITA (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGALIKAN DAN MEMBAGI BERBAGAI BENTUK PECAHAN MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MEILA NOVITA SARI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MEILA NOVITA SARI BAB I.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MEILA NOVITA SARI BAB II.pdf

Download (949kB) | Preview
[img] Text
MEILA NOVITA SARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
MEILA NOVITA SARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MEILA NOVITA SARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
MEILA NOVITA SARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
MEILA NOVITA SARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gununggiana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika materi mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan di kelas V SDN Gununggiana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, yaitu berupa tes isian, angket dan observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,14% dengan presentase ketuntasan sebesar 60,71% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan diperoleh nilai rata-rata 82,14% dengan mencapai ketuntasan belajar sebesar 82,14%. Sikap rasa ingin tahu siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata skor rasa ingin tahu siswa mencapai 2,98 dengan kriteria baik dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 3,15 dengan kriteria baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi learning tournament dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa materi mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan di kelas V SD Negeri Gununggiana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M. Pd. dan Arifin Muslim, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Learning Tournament, Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 06 Apr 2017 05:43
Last Modified: 06 Apr 2017 05:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item View Item