PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP KERJA KERAS SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS VIIF SMP N 2 ADIPALA

MUSTIKA, INDRIANA WIRA (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP KERJA KERAS SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS VIIF SMP N 2 ADIPALA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap kerja keras siswa dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP N 2 Adipala yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama 2 x 40 menit digunakan untuk menyampaikan materi dan pertemuan kedua 2 x 40 menit yaitu 1 x 40 menit untuk menyampaikan materi dan 1 x 40 menit untuk tes evaluasi. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengetahui data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan data sikap kerja keras siswa menggunakan lembar observasi siswa. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siklus I diperoleh rata-rata 59,69; siklus II 78,18; dan siklus III diperoleh nilai rata-rata 93,33 sedangkan pda observasi sikap kerja keras siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 0,59083; siklus II 0,76; dan siklus III diperoleh nilai rata-rata 0,99583. Berdasarkan hasil penelitian tersebut: 1) Adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; 2) Adany a peningkatan kerja keras siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap kerja keras siswa kelas VII F SMP N 2 Adipala.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, S.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap Kerja Keras Siswa, dan Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 06 Apr 2017 04:09
Last Modified: 08 Apr 2017 00:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item