PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

UMAMAH, SURYANI (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Suryani Umamah_JUDUL.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suryani Umamah_BAB I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suryani Umamah_BAB II.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
Suryani Umamah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text
Suryani Umamah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
Suryani Umamah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img]
Preview
Text
Suryani Umamah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
Suryani Umamah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Division) terhadap peningkatan aktifitas dan prestasi belajar siswa pada materi Biologi kelas X SMA Muhammadiyah Gombong telah dilaksanakan pada semester genap tahun 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap peningkatan aktifitas dan prestasi belajar siswa pada materi Dunia Hewan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel secara Cluster Random Sampling. Data panelitian berupa aktifitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Data aktifitas siswa meliputi partisipasi kontribusi dan inisiatif siswa melalui observasi selama proses pembelajaran,sedangkan data prestasi belajar berupa nilai post tes. Data aktifitas belajar dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif,sedangkan data prestasi belajar siswa dianalisis menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas dan dilanjutkan dengan uji t. Berdasarkan hasil pengamatan partisipasi kontributif menunjukkan siswa yang menyampaikan pertanyaan meningkat dari 45% (pertemuan I) menjadi 72,5% (pertemuan III), dalam menyampaikan pendapat meningkat dari 47,5% menjadi 77,5% dan aktivitas berdiskusi meningkat 40% menjadi 70%. Sedangkan partisipasi inisiatif dalam mengerjakan soal meningkat dari 42,5% menjadi 85% dan kemampuan menganalisis meningkat dari 40% menjadi 67,5%. Hasil uji normalitas dan homogenitas data skor hasil belajar menunjukkan normal dan homogen. Berdasarkan uji t, diperoleh thit =3,332 > ttab = 1,670, yang berarti prestasi belajar menggunakan metode belajar STAD lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional (ceramah). Nilai post-test kelas eksperimen (73,66) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (66,97). Nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol telah mencapai standar ketuntasan belajar (>6,5). Kesimpulan penelitian adalah pembelajaran menggunakan metode belajar STADberpengaruh positif terhadap aktifitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd., M.Si. dan Heri Maryanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Model Pembelajaran STAD; Aktifitas Siswa; Prestasi Belajar Siswa; Dunia Hewan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:13
Last Modified: 05 Apr 2017 01:13
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item