PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PERCONTOHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS V SD NEGERI 2 KLAPASAWIT

PUTRI, AYUNING TYAS FIRSTIARDI (2014) PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PERCONTOHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS V SD NEGERI 2 KLAPASAWIT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ayuning Tyas Firstiardi Putri_ JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ayuning Tyas Firstiardi Putri_BAB I.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ayuning Tyas Firstiardi Putri_BAB II.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
Ayuning Tyas Firstiardi Putri_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text
Ayuning Tyas Firstiardi Putri_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text
Ayuning Tyas Firstiardi Putri_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
Ayuning Tyas Firstiardi Putri_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
Ayuning Tyas Firstiardi Putri_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran VCT tipe Percontohan terhadap hasil belajar aspek kognitif dan afektif siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 2 Klapasawit tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 25 siswa, sedangkan kelas V B sebanyak 25 siswa juga. Penelitian ini diawali dengan mengadakan pre tes, kemudian perlakuan dan selanjutnya pos tes. Perlakuan dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk aspek kognitif yang disesuaikan dengan materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda, sedangkan untuk aspek afektif menggunakan angket dengan menggunakan indikator sikap semangat kebangsaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran VCT tipe Percontohan terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa kelas V di SD Negeri 2 Klapasawit pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dinyatakan dengan hasil belajar aspek kognitif dengan z tabel yaitu p < α yaitu 0,000016 < 0,05 maka dapat berpengaruh. Kemudian untuk hasil belajar aspek afektif dengan z tabel p > α yaitu 0,1151 > 0,05 maka dikatakan tidak berpengaruh. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penerapan model VCT tipe Percontohan untuk mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 2 Klapasawit pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model VCT Tipe Percontohan; Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah Belanda
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 05 Apr 2017 00:18
Last Modified: 05 Apr 2017 00:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item