UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE OUTDOOR STUDY SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIDABOWA

INDRIANI, AMITA DWI NUR (2014) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE OUTDOOR STUDY SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIDABOWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Amita Dwi Nur Indriani_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Amita Dwi Nur Indriani_BAB I.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Amita Dwi Nur Indriani_BAB II.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text
Amita Dwi Nur Indriani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Amita Dwi Nur Indriani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Amita Dwi Nur Indriani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
Amita Dwi Nur Indriani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rendahnya tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi mengenal permasalahan sosial di daerahnya melalui metode outdoor study. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidabowa yang berjumlah 19 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan penelitian setaip siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, wawancara, refleksi. Untuk memperoleh data mengenai rasa tanggung jawab siswa menggunakan lembar angket skala sikap, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi. Berdasarkan hasil penilaian angket skala sikap tanggung jawab siswa diperoleh presentase sebesar 79,26% disiklus I dan meningkat menjadi 83,68% disiklus II. Berdasarkan penilaian prestasi belajar siswa diperoleh ketuntasan belajar sebesar 63,15% pada siklus I, pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar sebesar 86,84%. Dengan demikian dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa metode outdoor study dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidabowa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab; Prestasi Belajar; IPS; Outdoor Study
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 05 Apr 2017 00:00
Last Modified: 05 Apr 2017 04:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item