MACAM-MACAM TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TK AL-MUHAJIRIN, DESA GUNUNG SIMPING, KECAMATAN CILACAP TENGAH, KABUPATEN CILACAP MEI 2016

SEPTIANINGSIH, RISKI (2016) MACAM-MACAM TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TK AL-MUHAJIRIN, DESA GUNUNG SIMPING, KECAMATAN CILACAP TENGAH, KABUPATEN CILACAP MEI 2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_RISKI SEPTIANINGSIH_PBSI'16.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_RISKI SEPTIANINGSIH_PBSI'16.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_RISKI SEPTIANINGSIH_PBSI'16.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text
BAB III_RISKI SEPTIANINGSIH_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB IV_RISKI SEPTIANINGSIH_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BAB V_RISKI SEPTIANINGSIH_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_RISKI SEPTIANINGSIH_PBSI'16.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_RISKI SEPTIANINGSIH_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)

Abstract

Penelitian dengan judul macam-macam tindak tutur direktif guru dalam proses belajar mengajar di TK Al-Muhajirin Desa gunung Simping Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap Mei 2016 bertujuan untuk mendeskripsikan macammacam tindak tutur direktif guru taman-kanak-kanak dalam proses belajar mengajar di TK Al-Muhajirin Desa Gunung Simping, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah 163 tuturan guru yang mengandung tindak tutur direktif, sumber data penelitian iniadalah guru yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah penyediaan data menggunakan metode simak. Teknik yang digunakan dalam rangka melaksanakan metode simak adalah teknik sadap sebagai teknik dasar, teknik rekam dan teknik catat sebagai teknik lanjutan. Tahap kedua adalah analisis data dengan menggunakan mitra tutur sebagai penentunya. Tahap ketiga adalah penyajian hasil analisis data, pada penelitian ini data disajikan secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan direktif dalam proses belajar mengajar di taman kanak-kanak ada enam bentuk, yaitu: 1) tuturan requestives (mengajak) terdapat 8 tuturan dan (meminta) terdapat 7 tuturan, 2) tuturan question (bertanya) terdapat 42 tuturan, 3) tuturan requiements (memerintah) terdapat 26 tuturan, 4) tuturan prohibitives (melarang) terdapat 6 tuturan dan (membatasi) terdapat 2 tuturan, 5) tuturan permissives (memperbolehkan) terdapat 4 tuturan, 6) tuturan advisories (memperingatkan) terdapat 7 tuturan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Eko Suroso, M.Pd., dan Dr. H. Kuntoro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tindak tutur direktif, guru, proses belajar mengajar, taman kanak-kanak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:05
Last Modified: 04 Apr 2017 07:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item