DESKRIPSI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMA NEGERI 1 SOKARAJA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

ARUM, RAHMI PUSPITA (2016) DESKRIPSI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMA NEGERI 1 SOKARAJA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_RAHMI PUSPITA ARUM_MATEMATIKA'16.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_RAHMI PUSPITA ARUM_MATEMATIKA'16.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_RAHMI PUSPITA ARUM_MATEMATIKA'16.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
BAB III_RAHMI PUSPITA ARUM_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Text
BAB IV_RAHMI PUSPITA ARUM_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V_RAHMI PUSPITA ARUM_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_RAHMI PUSPITA ARUM_MATEMATIKA'16.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_RAHMI PUSPITA ARUM_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan metakognisi siswa SMA Negeri 1 Sokaraja dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X–6 SMA Negeri 1 Sokaraja pada bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terbagi kedalam 3 (tiga) kelompok, yaitu kelompok kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan hasil angket kemandirian belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk soal cerita dan wawancara mendalam (in depth interview). Hasil penelitian menunjukkan : (1) Siswa kelompok kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan metakognisi yang berada pada tingkat strategic use, pada tingkat ini siswa mampu melewati tahap-tahap perilaku metakognisi diantaranya mampu memahami masalah, mampu memilih dan menggunakan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah, mampu memantau proses penyelesaian masalahnya serta mampu melakukan evaluasi meskipun belum secara menyeluruh. (2) Siswa dengan kemandirian belajar sedang berada pada tingkat aware use, siswa mampu memahami masalah namun dalam tahap pemantauan siswa masih belum mampu memantau proses pemecahan masalah. (3) Siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah berada pada tingkat tacit use, pada tingkat ini siswa menyelesaikan masalah dengan coba–coba hal ini dikarenakan siswa belum mampu memahami masalah sehingga siswa tidak mampu menentukan strategi penyelesaian yang tepat dan tidak dapat menyelesaikan masalah dengan benar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Metakognisi, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:23
Last Modified: 04 Apr 2017 06:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item