DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PURWOKERTO

ERNAWATI, YULIA (2016) DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
YULIA ERNAWATI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
YULIA ERNAWATI BAB I.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YULIA ERNAWATI BAB II.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
YULIA ERNAWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
YULIA ERNAWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
YULIA ERNAWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
YULIA ERNAWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
YULIA ERNAWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis dan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas VIII E SMP Negeri 9 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification / conclusion drawing). Subjek data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dengan menggunakan teknik purposive sampling, siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori prestasi, yaitu siswa prestasi tinggi, sedang dan siswa prestasi rendah. Masing-masing kelompok dipilih tiga siswa sebagai responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang berprestasi tinggi memiliki minat belajar yang tinggi terhadap pembelajaran matematika dan mampu bernalar secara matematis karena siswa mampu mengajukan dugaan, memanipulasi matematika, menemukan pola untuk membuat solusi, menyusun bukti terhadap kebenaran solusi dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Siswa yang berprestasi sedang memiliki minat belajar yang sedang terhadap pembelajaran matematika dan mampu bernalar secara matematis karena siswa mampu mengajukan dugaan, menemukan pola untuk membuat solusi dan menyusun bukti terhadap kebenaran solusi. Sedangkan untuk siswa yang berprestasi rendah memiliki minat belajar yang rendah terhadap pembelajaran matematika dan kurang mampu bernalar secara matematis karena siswa tidak mampu menemukan pola untuk membuat solusi, menyusun bukti terhadap kebenaran solusi dan menarik kesimpulan dari pernyataan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Students’ Learning Interest, Mathematical Reasoning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:42
Last Modified: 04 Apr 2017 04:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item