PENINGKATAN SIKAP KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI 1 BESUKI

PRATIWI, AYU FATMA AZWAR (2016) PENINGKATAN SIKAP KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI 1 BESUKI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AYU FATMA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AYU FATMA BAB I.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AYU FATMA BAB II.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
AYU FATMA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
AYU FATMA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AYU FATMA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img]
Preview
Text
AYU FATMA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
AYU FATMA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian di SD Negeri 1 Besuki dilatarbelakangi oleh masih rendahnya sikap kerja keras dan prestasi belajar siswa pada materi masalah sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap kerja keras dan prestasi belajar siswa melalui model kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) pada materi masalah sosial. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Besuki dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 6 laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil observasi aktivitas guru siklus I 77,27% kriteria baik, siklus II 89,20% kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I 72,14% kriteria cukup baik dan di siklus II 83,39% kriteria baik. Persentase kerja keras siswa meningkat pada siklus I 74,47% kriteria baik, dan siklus II 84,33% dengan kriteria sangat baik. Hasil prestasi belajar siswa siklus I diperoleh ketuntasan klasikal yaitu 65% dan meningkat di siklus II yaitu 85%. Pada siklus I dari 20 siswa ada 13 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas, sedangkan dari 20 siswa pada siklus II ada 17 siswa yang tuntas dan 3 siswa tidak tuntas KKM. Disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan sikap kerja keras dan prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Besuki.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd, dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn. M.A.,
Uncontrolled Keywords: Kerja keras, prestasi belajar, IPS, IOC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 04 Apr 2017 02:40
Last Modified: 04 Apr 2017 02:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item