PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEJUJURAN SISWA DI KELAS IV SD NEGERI WLAHAR WETAN

PUTRA, ENDRA WINDU (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEJUJURAN SISWA DI KELAS IV SD NEGERI WLAHAR WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Endra Windu Putra_JUDUL.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Endra Windu Putra_BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Endra Windu Putra_BAB II.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text
Endra Windu Putra_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
Endra Windu Putra_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Endra Windu Putra_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img]
Preview
Text
Endra Windu Putra_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh dari metode penemuan terbimbing terhadap prestasi belajar matematika , 2) pengaruh kejujuran terhadap prestasi belajar matematika, 3) interaksi dari metode p enemuan terbimbing, model pembelajaran langsung, dan kejujuran siswa terhadap prestasi belajar matematik a. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa ke las IV SD Negeri Wlahar Wetan yang terdi ri dari 2 kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Kemudian pengambilan sampel di kelas IVA dengan metode penemuan terbimbing dan kelas IVB dengan model pembelajaran langsun g. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan angket. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalur . Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) metode penemuan terbimbing berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan di buktikan F kolom = 4,122 > F tabel = 4,02 dengan signifikasi kolom 0,047 < 0,05, 2) ada pengaruh kejujuran terhadap prestasi belajar siswa dengan di buktikan F baris = 5,301 > F tabel = 4,02 dengan signifikasi baris 0,025 < 0,05 , 3) tidak ada interaks i metode penemuan terbimbing, model pembelajaran langsung, dan kejujuran siswa terhadap prestasi belajar matematik a dengan di buktikan F interaksi = 1,876 < F tabel = 4,02 dengan signifikasi interaksi 0,175 > 0,0 5.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Metode Penemuan Terbimbing; Kejujuran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 04 Apr 2017 02:07
Last Modified: 04 Apr 2017 02:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1240

Actions (login required)

View Item View Item