MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 DUKUH TURI BREBES

IKHWANUDIN, SLAMET (2014) MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 DUKUH TURI BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Slamet Ikhwanudin_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Slamet Ikhwanudin_BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Slamet Ikhwanudin_BAB II.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
Slamet Ikhwanudin_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
Slamet Ikhwanudin_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
Slamet Ikhwanudin_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
Slamet Ikhwanudin_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya nilai rasa tanggung jawab dan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn materi memahami kebebasan berorganisasi melalui teknik role playing. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N 2 Dukuh Turi Brebes dengan jumlah siswa 29. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap pelaksanaan siklus terdiri dari 2 pertemuan, 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar aktivitas siswa. Untuk mengetahui rasa tanggung jawab siswa menggunakan angket skala sikap dan untuk memperoleh data prestasi belajar menggunakan lembar evaluasi atau ulangan akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian rasa tanggung jawab siklus I diperoleh rata-rata 3,15 dan persentase 78,96 % dan siklus II diperoleh rata-rata 3,22 dan persentase 80,60%. Hasil penilaian prestasi belajar siklus I diperoleh rata-rata kelas 75,4 dengan persentase 56,89% dan siklus II diperoleh rata-rata kelas 86,37 dengan persentase 89,65 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik role playing dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn kelas V SD N 2 Dukuh Turi Brebes.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab; Prestasi; PKn; Role Playing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Apr 2017 09:23
Last Modified: 03 Apr 2017 09:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item