PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE BERBASIS PERMAINAN STRUKTUR PEREBUTAN BENTENG TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD NEGERI 2 KEDUNGWULUH

FARDANI, MELIANA (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE BERBASIS PERMAINAN STRUKTUR PEREBUTAN BENTENG TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD NEGERI 2 KEDUNGWULUH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Meliana Fardani_JUDUL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Meliana Fardani_BAB I.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Meliana Fardani_BAB II.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
Meliana Fardani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Meliana Fardani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Meliana Fardani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img]
Preview
Text
Meliana Fardani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
Meliana Fardani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative berbasis permainan struktur perebutan benteng terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial kelas V SD Negeri 2 Kedungwuluh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Random Sampling. Teknik pengambilan data aspek kognitif dilaksanakan dengan soal evaluasi, sedangkan untuk aspek afektif berupa angket. Aspek psikomotor pengambilan data dilakukan dengan tes perbuatan/praktik. Materi yang digunakan dalam penelitian mengenai tokoh-tokoh pejuang pada masa belanda. Penelitian ini termasuk eksperimen non-parametrik, karena sampel yang digunkan untuk penelitian <30 siswa. Penelitian ini dianalisis menggunkan uji Mann-Whitney U-Test. Hasil perhitungan Uhitung < Utabel = 96 < 114 dan melalui perhitungan SPSS didapatkan nilai signifikansi debesar 0,005. Sehingga untuk aspek kognitif Ho ditolak dan Ha diterima, disimpulkan model pembelajaran struktur perebutan benteng berpengaruh terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial aspek kognitif siswa kelas V SD Negeri 2 Kedunguluh. Hasil perhitungan untuk aspek afektif diperoleh Uhitung > Utabel = 183,5 > 114 dan melaui SPSS didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,653. Maka dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak sehingga tidak terdapat pengaruh model pembelajaran struktur perebutan benteng terhadap hasil belajar ilmu pengetauan sosial pada aspek afektif di kelas V SD Negeri 2 Kedungwuluh. Hasil perhitungan untuk aspek psikomotor diperoleh Uhitung < Utabel = 103 < 114 dan melaui SPSS didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,004. Maka dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran struktur perebutan benteng terhadap hasil belajar ilmu pengetauan sosial pada aspek psikomotor di kelas V SD Negeri 2 Kedungwuluh.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Struktur Perebutan Benteng
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Apr 2017 08:28
Last Modified: 03 Apr 2017 08:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item