PENGARUH RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 RAWALO

PUTRA, WAHYU MUSVIAN (2014) PENGARUH RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Wahyu Musvian P..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Wahyu Musvian P..pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Wahyu Musvian P..pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Wahyu Musvian P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB IV_Wahyu Musvian P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text
BAB V_Wahyu Musvian P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Wahyu Musvian P..pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Wahyu Musvian P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui adakah pengaruh Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Rawalo tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah post test sebanyak 6 soal uraian yang sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematika. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematika yang menggunakan Reciprocal Teaching adalah 72,70, sementara rata-rata komunikasi kelas Konvensional adalah 67,09. Dan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh (P-value) = 0,086 karena pengujian menggunakan satu pihak yaitu uji-t pihak kanan, maka nilai P(value)/2=0,086/2=0,043 sehingga P(value)/2< α. Hal ini berarti ada pengaruh Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rawalo. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika kelas yang menggunakan Reciprocal Teaching lebih baik dari pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, S.Si., M.Si. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematika; Reciprocal Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Apr 2017 06:05
Last Modified: 03 Apr 2017 06:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item