PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG - LAYANG MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

APRILIANI, PUJI DIANA (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG - LAYANG MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Puji Diana A..pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Puji Diana A.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Puji Diana A..pdf

Download (865kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Puji Diana A..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_Puji Diana A..pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text
BAB V_Puji Diana A..pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Puji Diana A..pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Puji Diana A..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian Pengembangan yang bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan serta respon pakar guru inti Kelompok Kerja Guru (KKG) SD terhadap LKS dengan strategi PQ4R pada materi luas trapesium dan layang–layang untuk siswa SD kelas V, 2) mengetahui respon siswa dan guru terhadap pembelajaran menggunakan LKS dengan strategi PQ4R pada materi luas trapesium dan layang–layang untuk siswa SD kelas V. Proses pengembangan LKS menggunakan model 4-D yang dikemukankan oleh Thiagarajan diantaranya adalah melalui tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate), namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Penelitian ini menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika materi luas trapesium dan layang-layang berorientasi strategi PQ4R untuk siswa Sekolah Dasar kelas V, LKS mendapatkan kategori “sangat valid/sangat baik/tanpa revisi” dari respon pakar dari guru (4,27) serta oleh para validator (4,4), respon siswa terhadap penggunaan LKS dalam pembelajaran memperoleh respon positif karena menghasilkan respon siswa dengan pilihan jawaban a sebanyak 78,44% atau dengan kriteria LKS sangat menarik/sangat membantu/sangat jelas/sangat memotivasi/sangat menginspirasi, pilihan jawaban b sebanyak 20,44% atau kriteria LKS menarik/membantu /jelas/memotivasi/menginspirasi, dan pilihan jawaban c sebanyak 1,11% atau dengan kriteria LKS cukup menarik/cukup membantu/cukup jelas/cukup memotivasi/cukup menginspirasi dan respon guru mendapat kategori “sangat setuju/sangat membantu” (4,0). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka LKS Matematika materi luas trapesium dan layang-layang berorientasi strategi PQ4R untuk siswa Sekolah Dasar kelas V dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKS; Strategi PQ4R; Model Pengembangan 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Apr 2017 05:47
Last Modified: 03 Apr 2017 05:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item