UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 3 PLIKEN

ARNINGSIH, NESA PRASEPTYA (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 3 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] Text
BAB IV_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kurang maksimalnya kerjasama dan prestasi belajar siswa melatar belakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas yang berjumlah 20 siswa. Jenis Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kerjsamana siswa dan prestasi belajar IPS. Hasil kerjasama siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 31,25 dengan persentase 70% (14 siswa) menjadi 35,35 dengan persentase 90% (18 siswa). Hasil prestasi belajar pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan 60% menjadi 85% pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 73,5 dengan ketuntasan 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar IPS di kelas IV Negeri 3 Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM, M.Pd., dan Dhi Bramasta, S.Si, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Prestasi Belajar IPS, Think Pair Share (TPS)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 03 Apr 2017 03:44
Last Modified: 03 Apr 2017 03:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

View Item View Item