PENGARUH BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA SMP COKROAMINOTO BANJARMANGU

FAOZIN, DIYAN (2016) PENGARUH BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA SMP COKROAMINOTO BANJARMANGU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DIYAN FAOZIN_MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DIYAN FAOZIN_MATEMATIKA'16.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DIYAN FAOZIN_MATEMATIKA'16.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DIYAN FAOZIN_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text
BAB IV_DIYAN FAOZIN_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DIYAN FAOZIN_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DIYAN FAOZIN_MATEMATIKA'16.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DIYAN FAOZIN_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian kemampuan penalaran matematis yang mengikuti Brain Based Learning dan Pembelajaran Konvensional, capaian percaya diri siswa yang mengikuti Brain Based Learning dan Pembelajaran Konvensional, capaian kemampuan penalaran matematis dan percaya diri siswa yang mengikuti Brain Based Learning dibandingkan capaian kemampuan penalaran matematis dan percaya diri siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Cokroaminoto Banjarmangu. Pengambilan sampel ditentukan menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Brain Based Learning dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan Pembelajaran Konvensional. Hasil post-test kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai sebesar 67,98, sedangkan kelas kontrol sebesar 60,17. Berdasarkan angket percaya diri kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai sebesar 60,1, sedangkan kelas kontrol sebesar 59. Metode pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test pihak kanan pada masing-masing kemampuan dan diperoleh nilai signifikan untuk kemampuan penalaran matematis sebesar 0,047 dan untuk percaya diri sebesar 0,038, kedua nilai signifikan tersebut lebih dari 0,025. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh penalaran matematis dan percaya diri antara siswa yang mengikuti Brain Based Learning dengan penalaran matematis dan percaya diri siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, M.Si., dan Erni Widiyastuti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Percaya Diri, Brain Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Mar 2017 04:08
Last Modified: 30 Mar 2017 04:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item View Item