PENINGKATAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DI KELAS V SEKOLAH DASAR

ZAMKHOIRONI, . (2016) PENINGKATAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. PTK ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) Rasa tanggung jawab siswa kelas V A SD Negeri Pangebatan setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two, 2) Prestasi belajar siswa kelas V A SD Negeri Pangebatan setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two. Teknik pengumpulan data untuk rasa tanggung jawab menggunakan angket rasa tanggung jawab dan untuk prestasi belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa tanggung jawab siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Jumlah skor rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I yaitu 2,97 dengan kriteria baik, siklus II diperoleh jumlah skor rata-rata kelas yaitu 3,02 dengan kriteria baik. Rasa tanggung jawab siswa dapat dikatakan meningkat dari siklus I sampai siklus II walaupun kriterianya masih sama yaitu dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 72,57 dengan ketuntasan belajar 70,59%, siklus II diperoleh rata-rata nilai 74,11 dengan ketuntasan belajar 82,35% sehingga diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 11,76%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan prestasi belajar mata pelajaran IPA materi daur air di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Arifin Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: The Power of Two, Rasa tanggung jawab, Prestasi Belajar, dan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Mar 2017 01:04
Last Modified: 30 Mar 2017 01:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item