DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP N 4 PURBALINGGA (Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey)

YANI, . (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP N 4 PURBALINGGA (Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP N 4 Purbalingga ditinjau dari tipe kepribadian David Keirsey pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP N 4 Purbalingga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan angket tipe kepribadian David Keirsey dengan mengambil 2 siswa untuk tipe kepribadian guardian, artisan, rational dan idealist. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Uji validasi hasil yang digunakan adalah uji triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa untuk : (1) siswa guardian mampu memberikan argumen dengan tepat, dapat menganalisis argumen berdasarkan ketentuan secara lengkap serta dapat menilai dan mengevaluasi argumen dengan memberikan penilaian dan penegasan argumen secara benar, (2) siswa artisan mampu memberikan argumen secara tepat dengan bantuan peneliti dan dapat menganalisis argumen berdasarkan ketentuan terkadang kurang lengkap pada bagian ditanya serta dapat menilai dan mengevaluasi dengan benar, (3) siswa rational mampu menjelaskan argumen dengan benar dan dapat menganalisis argumen berdasarkan ketentuan namun terkadang kurang lengkap pada bagian diketahui dan ditanya, (4) siswa idealist mampu menganalisis argumen berdasarkan ketentuan secara lengkap.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Tipe Kepribadian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Mar 2017 00:26
Last Modified: 30 Mar 2017 00:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item