UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN SUSU PELANGI PADA KELOMPOK B TK PERTIWI ARCAWINANGUN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016

YUNIASIH, - (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN SUSU PELANGI PADA KELOMPOK B TK PERTIWI ARCAWINANGUN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YUNIASIH_PAUD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YUNIASIH_PAUD'16.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YUNIASIH_PAUD'16.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text
BAB III_YUNIASIH_PAUD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
BAB IV_YUNIASIH_PAUD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_YUNIASIH_PAUD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YUNIASIH_PAUD'16.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Susu Pelangi Pada Kelompok B TK Pertiwi Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 “. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan sains melalui kegiatan metode eksperimen susu pelangi pada Kelompok B TK Pertiwi Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) melalui 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan menggunakan Rencana kegiatan Harian (RKH). Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Pertiwi Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas yang berjumlah 20 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yaitu data yang diperoleh berupa kata-kata, tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan tetap dalam bentuk kualitatif yang hanya sekedar angka atau frekuensi. Analisis deskriptif dilakukan terhadap prosentase ketuntasan belajar anak sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada kemampuan sains anak. Pada kondisi awal peserta didik diperoleh data peserta didik dengan kemampuan sains berkembang sangat baik (BSB) belum ada atau (0%), berkembang sesuai harapan (BSH) berjumlah 2 anak (10%), mulai berkembang (MB) berjumlah 3 anak (15%), dan belum berkembang (BB) berjumlah 15 anak (75%). Pada siklus I hasil yang diperoleh sudah terlihat peningkatan kemampuan sains peserta didik belum signifikan, yaitu belum berkembang (BB) 35%, mulai berkembang (MB) 20%, berkembang sesuai harapan (BSH) 20% dan yang berkembang sangat baik (BSB) 25%. Pada kegiatan perbaikan siklus II adanya peningkatan kemampuan sains pada peserta yang signifikan, yaitu belum berkembang (BB) 5%, mulai berkembang (MB) 5%, berkembang sesuai harapan (BSH) 5% dan yang berkembang sangat baik (BSB) 85%. Jadi apabila dipresentasikan bahwa peningkatan hasil peserta didik mencapai 90%, artinya sudah lebih dari prosentase ketuntasan hasil belajar yang mencapai 75%. Dengan demikian metode eksperimen susu pelangi berhasil dapat meningkatkan kemampuan sains anak didik Kelompok B TK Pertiwi Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Johni Dimyati, M.M.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sains, Metode Eksperimen Susu Pelangi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 29 Mar 2017 07:33
Last Modified: 29 Mar 2017 07:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item