DESKRIPSI KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP N 1 BUKATEJA

PURNANDARI, DYAH RATNA (2016) DESKRIPSI KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP N 1 BUKATEJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DYAH RATNA P._MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DYAH RATNA P._MATEMATIKA'16.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DYAH RATNA P._MATEMATIKA'16.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DYAH RATNA P._MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
BAB IV_DYAH RATNA P._MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V_DYAH RATNA P._MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DYAH RATNA P._MATEMATIKA'16.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DYAH RATNA P._MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bukateja pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusing drawing/ verivication). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H. Siswa dikelompokkan ke dalam tiga kelompok berdasarkan prestasi, yaitu kelompok siswa prestasi tinggi, sedang, dan rendah. Masing-masing kelompok dipilih dua responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh bahwa, siswa dengan kelompok prestasi tinggi dapat melibatkan keterampilan metakognitifnya pada setiap tahapan proses pemecahan masalah dengan baik yaitu melalui aktivitas perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Siswa prestasi sedang sudah dapat melibatkan keterampilan metakognitifnya pada setiap tahapan proses pemecahan masalah namun belum secara maksimal, mereka sudah melaksanakan aktivitas perencanaan dan evaluasi dengan baik namun masih kurang baik dalam melakukan pemantauan. Kemudian siswa dengan prestasi rendah belum menunjukkan aktivitas pada keterampilan metakognitif seperti aktivitas perencanaan, pemantauan, dan evaluasi secara maksimal, mereka baru dapat melaksanakan aktivitas perencanaan pada setiap tahapan proses pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Metakognitif, Memecahkan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:05
Last Modified: 29 Mar 2017 04:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item