UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU SUB TEMA INDAHNYA PENINGGALAN SEJARAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS 4 SEKOLAH DASAR

SETIAWAN,, TIAR ARIF (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU SUB TEMA INDAHNYA PENINGGALAN SEJARAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar kelas 4 SD Negeri 4 Teluk, melatar belakangi penelitian PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya Negeriku dan sub tema indahnya peninggalan sejarah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 30 yang terdiri dari 21 perempuan dan 9 laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil penilaian dari observasi guru dan siswa yang mengalami peningkatan . Kriteria yang didapatkan dari observasi guru siklus I yaitu 55% dan siklus II yaitu 81,7%, observasi aktivitas siswa diperoleh prosentase siklus I adalah 66,9% dan meningkat di siklus ke II yaitu 83,2%, sedangkan penilaian dari hasil belajar yang diambil dari 3 aspek yaitu penilaian kognitif siswa pada siklus I yang diperoleh nilai rata-rata 71,4 dengan ketuntasan belajar yang dicapai adalah 56%, sedangkan di siklus ke II dengan nilai rata-rata 81,6 dan ketuntasan belajar yang didapatkan adalah 83%. Penilaian afektif siswa diproleh peningkatan dari siklus I presentase yang didapatkan adalah 64% dan siklus II adalah 86,4%. Penilaian psikomotor siswa siklus I adalah 65,3%, dan siklus II adalah 86,2%. Pengumpulan data melalui lembar penilaian observasi guru dan observasi aktivitas siswa dan lembar soal evaluasi siswa, menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Discovery Leraning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya Negeriku dan sub tema indahnya peninggalan sejarah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM. M. Pd., dan Cicih Wiarsih, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Model Discovery Learning Upaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 29 Mar 2017 03:50
Last Modified: 29 Mar 2017 03:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item