UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH DI KELAS V SD N 1 KARANGBAWANG

RODIYAH,, SITI (2017) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH DI KELAS V SD N 1 KARANGBAWANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) Sikap Kerjasama Siswa kelas V SD Negeri 1 Karangbawang setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, 2) Prestasi belajar siswa kelas V SD N 1 Karangbawang setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. PTK ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Teknik pengumpulan data untuk sikap kerjasama menggunakan angket sikap kerjasama dan untuk prestasi belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kerjasama siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing mengalami peningkatan. Jumlah skor rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I yaitu 3,1 dengan kriteria cukup, siklus II diperoleh jumlah skor rata-rata kelas yaitu 3,85 dengan kriteria baik. Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 76,32 dengan ketuntasan belajar 75%, siklus II diperoleh rata-rata nilai 82,26 dengan ketuntasan belajar 87,5% sehingga diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 12,5%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Arifin Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Sikap Kerjasama, Prestasi Belajar, dan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 29 Mar 2017 03:24
Last Modified: 29 Mar 2017 03:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item