ANALISIS MAKNA KONTEKSTUAL DAN PROSES SEMIOSIS TANDA PADA SLOGAN IKLAN MINUMAN ENERGI DI LAMAN YOUTUBE

NURSETIAAJI,, SEPTIAN (2017) ANALISIS MAKNA KONTEKSTUAL DAN PROSES SEMIOSIS TANDA PADA SLOGAN IKLAN MINUMAN ENERGI DI LAMAN YOUTUBE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Makna Kontekstual dan Proses Semiosis Tanda pada Slogan Iklan Minuman Energi di Laman Youtube”. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan makna kontekstual dan proses semiosis tanda yang terdapat dalam wacana slogan iklan minuman energi di laman Youtube. Data dalam penelitian ini adalah slogan yang terdapat Iklan minuman energi Ena „ O, Extra Joss, Hemaviton, Kuku Bima Ener-G, Kratingdaeng, M-150, Neo Hormoviton, Panther, Power F dan di laman Youtube. Data yang berhasil diperoleh sebanyak 41 slogan minuman energi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu tahap penyediaan data, tahap analisis data dan tahap penyajian hasil analisis data. Penyediaan data dilakukan dengan metode simak dan teknik catat. Tahap penganalisisan data menggunakan metode padan dengan teknik dasar, Pilah Unsur Penentu (PUP) dan menggunakan metode padan lanjutan yaitu teknik Hubung Banding Menyamakan (HBS). Tahap hasil penyajian analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode informal, yaitu perumusan dengan katakata walaupun dengan terminologi yang sifatnya teknis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) semua wacana slogan iklan minuman energi yang terdapat dalam laman Youtube mempunyai makna kontekstual. (2) semua wacana slogan iklan minuman energi yang terdapat dalam laman Youtube mengalami proses semiosis tanda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Kuntoro, M. Hum dan Dra. Siti Fathonah, M. Hum
Uncontrolled Keywords: slogan, bahasa, dan makna
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 23 Mar 2017 01:51
Last Modified: 23 Mar 2017 01:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item