DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR INTUITIF DALAM MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BANYUMAS

FORESTIASARI,, RAHMATIKA (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR INTUITIF DALAM MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir intuitif dalam matematika ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyumas. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok berdasarkan prestasi, yaitu kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah. Masingmasing kelompok dipilih tiga responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) siswa kelompok prestasi tinggi menggunakan kemampuan berpikir intuitifnya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya sehingga mampu memahami dan menjawab soal dengan tepat; (2) siswa kelompok prestasi sedang dalam menjawab soal menggunakan argumen yang sifatnya memaksa dan menolak sesuatu yang tidak sesuai dengan pengetahuannya, sehingga dalam menjawab soal terkadang salah; (3) siswa kelompok prestasi rendah menggunakan kemampuan berpikir intuitifnya hanya berdasarkan keyakinan yang dimilikinya, sehingga tidak mampu memberikan alasan yang logis dalam menjawab.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Jazuli, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Berpikir Intuitif, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 23 Mar 2017 00:58
Last Modified: 23 Mar 2017 00:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item