PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TAYANGAN FILM PENDEK PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 9 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2016-2017

SAPUTRO,, PRASTYO CONDRO (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TAYANGAN FILM PENDEK PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 9 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2016-2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan tayangan film pendek pada kelas IX C SMP Negeri 9 Purwokerto tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ino bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas IX C SMP Negeri 9 Purwokerto dengan menggunakan tayangan film pendek. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Purwokerto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 9 Purwokerto yang terdiri dari 34 siswa, yaitu 18 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober-21 Oktober 2016 yang terdiri dari dua siklus, yaitu suklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IX C SMP Negeri 9 Purwokerto menunjukkan bahwa tayangan film pendek dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas IX C SMP Negeri 9 Purwokerto tahun ajaran 2016-2017. Hal tersebut terbukti dari hasil pembelajaran pada siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai ratarata siswa mencapai 75,62 dan siswa yang berada di atas KKM sejumlah 16 siswa dengan presentase ketuntasan sebesar 48,48%, sedangkan pada siklus II nilai ratarata siswa mencapai 76,33 dan siswa yang berada di atas KKM sejumlah sejumlah 26 siswa dengan presentase ketuntasan sebesar 76,47%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M. Pd., dan Drs. Eko Suroso, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, menulis cerpen, tayangan film pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 23 Mar 2017 00:50
Last Modified: 23 Mar 2017 00:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item