UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 CANDINATA

ARSRIAN, PRASASDYA DIPA (2017) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 CANDINATA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Candinata melalui penerapan model pembelajaran Team Pair Share dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 2 Candinata yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa: hasil peningkatan percaya diri siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor 3,60 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat memperoleh jumlah skor 4,30 dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis data prestasi belajar siswa pada nilai ulangan tengah semester masih rendah karena di bawah KKM 65 yaitu rata-rata kelas mencapai nilai 60,5 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 18,75%, pada tindakan siklus I Nilai Indikator Angket Percaya Diri cukup berhasil untuk meningkatkan prestasi belajar, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas mencapai 61,1 dengan jumlah siswa tuntas belajar 11 siswa atau 66,7 % namun presentasi ketuntasan ketuntasan belajar belum mencapai indikator keberhasilan 80%. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 74,06 dengan jumlah siswa tuntas belajar 27 atau 84,37 %, ketuntasan belajar telah mencapai indikator keberhasilan 80%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa prestasi belajar siswa pada siklus II sudah memenuhi target. Dapat disimpulksn bahwa ada peningkatan percaya diri dan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS siswa kelas V SD negeri 2 Candinata melalui model pembelajaran Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM., M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd., MA.,
Uncontrolled Keywords: percaya diri, prestasi belajar, model Think Pair Share
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Mar 2017 06:58
Last Modified: 22 Mar 2017 06:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item