PENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DI KELAS IV SD NEGERI 1 JATISABA

NUROHMAH, . (2017) PENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DI KELAS IV SD NEGERI 1 JATISABA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS materi Keragaman suku bangsa dan budaya serta meningkatkan percaya diri. Model pembelajaran Gallery Walk.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jatisaba sebayak 17 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap Siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar soal evaluasi, lembar observasi guru,lembar observasi siswa, dan lembar skala sikap percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh hasil bahwa model pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di SD Negeri 1 Jatisaba. Hal ini ditunjukan pada siklus 1 diperoleh rata-rata 65,53 %. masuk dalam kriteria baik. Sedangkan siklus II diperoleh rata-rata 76,77 % masuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan peningkatan percaya diri ditunjukan pada siklus 1 diperoleh percaya diri sebesar 36,76 % dengan kriteria baik.Sedangkan siklus II diperoleh percaya diri 43,64 % dengan kriteria sangat baik. Keragaman suku bangsa dan budaya dalam pembelajaran IPS SD sangatlah penting agar siswa dapat menerapkan ilmu yang didapatkan selama dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd dan Aji Heru Muslim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Percaya Diri, IPS, Gallery Walk
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Mar 2017 06:49
Last Modified: 22 Mar 2017 06:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item