UPAYA MENINGKATKAN SAINS MELALUI METODE DEMOKS DENGAN KEGIATAN MEMBUAT JAMU PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK BUSTANUL ATFHAL PURBALINGG A KECAMATA N PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 201 4 /201 5

REZKI ANA, AYU (2015) UPAYA MENINGKATKAN SAINS MELALUI METODE DEMOKS DENGAN KEGIATAN MEMBUAT JAMU PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK BUSTANUL ATFHAL PURBALINGG A KECAMATA N PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 201 4 /201 5. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER ~ AYU RIZKI ANA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ~ AYU RIZKI ANA-2.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ~ AYU RIZKI ANA.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
BAB III ~ AYU RIZKI ANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV ~ AYU RIZKI ANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img] Text
BAB V ~ AYU RIZKI ANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ~ AYU RIZKI ANA.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatk an Sains Melalui Metode Demoks Dengan Kegiatan Membuat Jamu Pada Anak Didik Kelompok B TK Bustanul Atfhal Purbalingga Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga Semester Genap Tahun Pelajaran 2014 - 2015”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatka n kemampuan sains anak melalui metode demoks (demonstrasi eksperimen) dengan kegiatan membuat jamu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing – masing siklus terdiri dari tiga p ertemuan. Subyek penelitian adalah 20 perserta didik kelompok B TK Bustanul Athfal Purbalingga Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga semester genap tahun pelajaran 2014 -2015. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumenta si. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu data yang diperoleh berupa kata – kata, tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan tetap dalam bentuk kualitatif ya ng memiliki arti lebih kaya dari sekedar angka atau frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sains melalui metode demoks dengan kegiatan membuat jamu. Hasil dibuktikan pada kondisi awal hanya ada 2 anak atau 10% yang kemampu an sainsnya sudah berkembang sangat baik, 4 anak atau 20% berkembang sesuai harapan, 4 anak atau 20% kemampuan sainsnya sudah mulai berkembang dan 10 anak atau 50% kemampuan sainsnya belum berkembang, pada siklus I meningkat yaitu 4 anak atau 20% yang kema mpuan sainsnya sudah berkembang sangat baik, 5 anak atau 25% berkembang sesuai harapan, 5 anak atau 25% kemampuan sainsnya sudah mulai berkembang dan 6 anak atau 30% kemampuan sainsnya belum berkembang. Kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu 12 anak atau 60% yang kemampuan sainsnya sudah berkembang sangat baik, 5 anak atau 25% berkembang sesuai harapan, 2 anak atau 10% kemampuan sainsnya sudah mulai berkembang dan 1 anak atau 5% kemampuan sainsnya belum berkembang. Bagi siswa yang belum berkembang ses uai harapan akan diberikan motivasi dan dilakukan bimbingan oleh guru.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 1. Drs. Johni Dimyati, M. M., 2. Desti Pujati M.
Uncontrolled Keywords: kemampuan sains, metode demoks, membuat jamu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 01 Nov 2016 02:22
Last Modified: 01 Nov 2016 02:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item