PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN GURU TERHADAP MUTU RPP DI SD N 1 KALIMANAH WETAN KABUPATEN PURBALINGGA

ADETIA, NUR ALI AZIZ (2017) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN GURU TERHADAP MUTU RPP DI SD N 1 KALIMANAH WETAN KABUPATEN PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran guru terhadap mutu RPP di SD Negeri 1 Kalimanah Wetan Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian studi korelasional. Sampel penelitian sebanyak 9 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup model rating scale untuk variabel pengaruh supervisi kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran guru, sementara untuk variabel mutu RPP menggunakan cek list. Uji analisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan didapat nilai koefisien regresi β = 1,35 dengan persamaan regresi Y = -32,96 + 1,35X. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa β (1,35) > 0 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga supervisi kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran guru berpengaruh signifikan terhadap mutu RPP. Sementara analisis korelasi dengan rumus korelasi pearson product moment didapat hasil bahwa nilai r = 0,98 dengan koefisien determinasi sebesar 96%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran guru terhadap mutu RPP dengan sumbangan efektif sebesar 96%, sementara 4% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Mar 2017 06:12
Last Modified: 22 Mar 2017 06:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item