DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KEDUNGBANTENG

KUSUMANINGRUM, NONI DWI (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KEDUNGBANTENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis dan sikap disiplin siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kedungbanteng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification / conclusion drawing). Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII . Subjek penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori, yaitu siswa dengan kategori belajar tinggi, sedang dan rendah. Masing-masing kelompok dipilih tiga siswa untuk keperluan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa prestasi belajar tinggi menguasai semua indikator kemampuan penalaran matematis. Sikap disiplin dari taat terhadap tata tertib sekolah, taat terhadap kegiatan belajar di sekolah, taat dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran, siswa prestasi sedang menguasai indikator kemampuan penalaran matematis sebatas mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan memeriksa kesahihan argumen. Sikap disiplin hanya sebatas taat terhadap tata tertib sekolah dan taat terhadap kegiatan belajar di sekolah, sedangkan siswa prestasi rendah memiliki kemampuan penalaran matematis mampu melakukan manipulasi matematika. Sikap disiplin hanya sebatas taat terhadap tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si, dan Chumaedi Sugihandardji, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran matematis, sikap disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Mar 2017 03:37
Last Modified: 22 Mar 2017 03:37
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item