DESKRIPSI PROSES BERPIKIR SISWA KELAS VIII D SMP N 8 PURWOKERTO DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) (TEORI JEAN PIAGET)

HIDAYAH, LAELI LATIF (2016) DESKRIPSI PROSES BERPIKIR SISWA KELAS VIII D SMP N 8 PURWOKERTO DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) (TEORI JEAN PIAGET). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_LAELI LATIF HIDAYAH_MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_LAELI LATIF HIDAYAH_MATEMATIKA'16.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_LAELI LATIF HIDAYAH_MATEMATIKA'16.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
BAB III_LAELI LATIF HIDAYAH_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB IV_LAELI LATIF HIDAYAH_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V_LAELI LATIF HIDAYAH_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_LAELI LATIF HIDAYAH_MATEMATIKA'16.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_LAELI LATIF HIDAYAH_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas VIII D SMP N 8 Purwokerto dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification / conclusion drawing). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D. Subjek penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, siswa dikategorikan ke dalam tiga kategori, yaitu siswa Adversity Quotient tinggi (Climbers), siswa Adversity Quotient sedang (Campers), dan siswa Adversity Quotient rendah (Quitters). Masing-masing kategori dipilih tiga siswa untuk keperluan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan mengacu pada tahapan pemecahan masalah menurut Polya, maka dapat dikatakan bahwa siswa yang memiliki Adversity Quotient tinggi (Climbers) cenderung mengalami proses berpikir asimilasi, siswa Adversity Quotient sedang (Campers) cenderung mengalami proses berpikir asimilasi dan siswa Adversity Quotient rendah (Quitters) cenderung mengalami ketidaksempurnaan proses berpikir akomodasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah Matematika, Adversity Quotient (AQ)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 22 Mar 2017 03:18
Last Modified: 22 Mar 2017 03:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item