UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII A SMP N 1 KALIBAGOR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

PRIYAMBODO, DIAN (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII A SMP N 1 KALIBAGOR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DIAN PRIYAMBODO_MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DIAN PRIYAMBODO_MATEMATIKA'16.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DIAN PRIYAMBODO_MATEMATIKA'16.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DIAN PRIYAMBODO_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB IV_DIAN PRIYAMBODO_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DIAN PRIYAMBODO_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DIAN PRIYAMBODO_MATEMATIKA'16.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DIAN PRIYAMBODO_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 1 Kalibagor tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa lakilaki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus. Tahapan dalam setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrumen untuk mengukur data kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan tes uraian yang diberikan setiap akhir siklus dan untuk memperoleh data hasil kemandirian belajar siswa menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase hasil angket kemandirian belajar siswa pada siklus I kemandirian belajar siswa memperoleh persentase 61,17%; siklus II meningkat menjadi 64,78%; dan siklus III meningkat menjadi 74,25%. Selain kemandirian belajar nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis siswa juga meningkat yaitu pada siklus I diperoleh 60,12; siklus II meningkat menjadi 69,67; dan pada siklus III meningkat menjadi 78. Berdasarkan data-data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kalibagor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd., dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar Siswa, Kemampuan Penalaran Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 22 Mar 2017 02:59
Last Modified: 22 Mar 2017 02:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item