PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

FAUZI, MAHFUD (2017) PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) secara umum masih terjadi hambatan dalam menanamkan konsep matematika kepada siswa. Pembelajaran menuntut keterampilan guru dalam menyampaikan konsep matematika dengan cara atau metode yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa sehingga hasil prestasi belajar siswa akan bagus. Permasalahan pembelajaran matematika ditemukan di SD Negeri 1 Kedungwuluh yaitu prestasi belajar siswa masih rendah dan siswa belum dapat bekerjasama dengan baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Matematika materi bangun datar melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) . Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas sebanyak 32 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, kerjasama siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 3,46 dengan kriteria baik dan siklus II diperoleh rata-rata 3,89 dengan kriteria baik. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 77,60 dengan persentase ketuntasan 62,50% dengan kriteria cukup dan siklus II diperoleh rata-rata 82,50 dengan persentase ketuntasan 87,50% dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedungwuluh pada mata pelajaran matematika materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Mar 2017 02:07
Last Modified: 22 Mar 2017 02:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item