PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI PEMILIHAN PENGURUS ORGANISASI SEKOLAH MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KLAPASAWIT

ANIKMAWARDANI, ALIFIA FURI (2016) PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI PEMILIHAN PENGURUS ORGANISASI SEKOLAH MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KLAPASAWIT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ALIFIA FURI A.W._PGSD'16.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ALIFIA FURI A.W._PGSD'16.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ALIFIA FURI A.W._PGSD'16.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ALIFIA FURI A.W._PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
BAB IV_ALIFIA FURI A.W._PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] Text
BAB V_ALIFIA FURI A.W._PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ALIFIA FURI A.W._PGSD'16.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ALIFIA FURI A.W._PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn, melalui metode Simulasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Klapasawit, yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan evaluasi, lembar observasi sikap tanggung jawab siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 65 dan ketuntasan secara klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukan metode Simulasi dapat meningkatkan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya skor rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II. Siklus I skor rata-rata siswa adalah 2,1 dengan kriteria Cukup dan pada siklus II skor rata-rata siswa adalah 3,09 dengan kriteria Baik. Metode Simulasi juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I yaitu 56,75 dan ketuntasan secara klasikal adalah 45%. Pada siklus II nilai rata-rata yaitu 84,8 dan ketuntasan klasikal 92,5%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, Prestasi Belajar, PKn, Metode Simulasi
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 22 Mar 2017 01:28
Last Modified: 22 Mar 2017 01:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item